Friday, August 11, 2017

Atasi FeedBack(Dengung atau nging) Pada Sound dan Mic

Feedback merupakan bunyi yang keluar dari speaker lalu diteruskan kembali ke sumbernya, misalnya mic, gitar elektrik, atau bass elektrik. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas cara mengatasi feedback pada mikrofon. Namun Anda perlu tahu jenis-jenis feedback terlebih dahulu.
Biasanya ada dua jenis feedback yang muncul, yaitu :
1. Feedback yang berasal dari kelebihan frekuensi rendah
Hal ini dikarenakan terlalu besarnya nada-nada low atau bass dari sumber oleh pengolah suara misalnya tone control atau equalizer. Biasanya memiliki ciri seperti suara mendengung.
2. Feedback yang berasal dari frekuensi tinggi
Feedback jenis ini diakibatkan oleh terlalu besarnya nada-nada yang berfrekuensi tinggi yang dihasilkan oleh pengolah bunyi yaitu tone control atau equalizer. Hal ini terjadi karena terlalu besarnya volume treble pada tone control atau tingginya posisi potensio geser yang ada pada equalizer.
Feedback pada mikrofon
Hal pertama yang harus dilakukan jika sedang terjadi feedback (strong mic) adalah mendengarkan dengan jeli termasuk jenis feedback apakah yang sedang terjadi, apakah berasal dari kelebihan frekuensi rendah atau berasal dari frekuensi tinggi.
Jika termasuk frekuensi rendah, sebaiknya segera kecilkan potensio low/bass. Setelah feedback berhenti, cobalah putar balik potensio/bass pada mixer. Lakukan secara perlahan dan berhentilah memutar balik bila mulai terdengar suara seperti akan feedback lagi. Jika mixer diinsert equalizer, maka frekuensi rendah pada potensio equalizer tersebut yang dikecilkan. Bila kita tidak tahu yang mana frekuensi rendahnya, maka tebak saja salah satu potensio yaitu dengan menurunkannya. Kalau feedback masih terjadi, cobalah pada potensio yang lainnya.
Dan kalau feedback termasuk frekuensi tinggi, yang harus dikecilkan adalah potensio treble/high pada mixer atau pada tone. Setelah suara mencuit menghilang, coba kembali memperbesar potensio yang dikecilkan tadi secara perlahan ke arah yang sebaliknya. Jika suara feedback yang menjengkelkan itu terdengar kembali, segeralah berhenti memutar potensio. Hentikan putaran potensio pada posisi dimana suara feedback tak terdengar sama sekali.
Mic akan berkurang kualitasnya jika sering terkena frekuensi berlebih sehingga terjadi feedback. Perlu pengalaman untuk mengetahui tentang feedback, jadi Anda bisa dengan cepat mengatasi nya. Karena feedback bisa terjadi disebabkan oleh berbagai macam akibat, misalnya sumber suara, penyetelan/setting sound system, atau dikarenakan tata letak speaker yang kurang pas.
Hal yang agak menjengkelkan seperti feedback bisa di minimalisir bila pilihan anda jatuh kepada merek mic terkenal seperti SHURE dan AKG atau yang lainnya karena selain banyak referensi yang telah mempergunakannya juga sudah dikelompokan menurut kebutuhannya. Ada harga, ada kualitas.

Berikut langkah sederhana mengatasi feedback dengan trik equalizer.
1. Hidupkan mixer dan colokkan mic dimixer dan naikkan fadernya sampai diatas 0db. Naikkan juga master stereo mixer sampai titik 0db.
2. Ratakan knob high,mid dan low di jam 12 dulu.
3. Pastikan ouput main mixer sudah konek di equalizer baik left maupun right-nya.
4. Ratakan grafik equalizer di 0db. Pastikan fbq indikatornya on.
5. Naikkan mic gain pelan - pelan sampai terjadi feedback.
6. Dan liat indikator fbq saat feedback, lampu yang menyala disitulah feedbacknya.
7. Turunkan perlahan atau potong di grafik yang menyala tadi sampai feedbacknya hilang.

Note : feedback juga rentang dengan penggunaan GAIN yang berlebihan dan efek reverb .


Saran : jangan terlalu dekat dengan speaker monitor dan pastikan kalau memegang mic tidak pada kepalanya.

No comments:

Post a Comment